Keberhasilan suatu bisnis pada umumnya
bergantung pada lingkungan bisnis[1]. Dalam suatu organisasi bisnis tentu tak lepas dari
lingkungan dimana ia berkedudukan. Lingkungan ini memberikan pengaruh yang
cukup besar terhadap jalannya sebuah organisasi bisnis. Hal ini dikarenakan lingkungan
itulah yang membawa sebuah bisnis berkembang atau justru gulung tikar.
Lingkungan social, industry, ekonomi dan global adalah empat hal yang sangat
erat kaitannya dengan organisasi bisnis
Ada
tiga perspektif dasar yang digunakan untuk mendeskripsikan pengaruh lingkungan
terhadap organisasi yaitu:
1.
perubahan dan kompleksitas lingkungan,
2.
kekuatan kompetitif, dan
3.
pergolakan lingkungan.
Berikut beberapa contoh
pengaruh lingkungan terhadap organisasi bisnis:
a. Seorang
pengusaha mengamati lingkungan social disekitarnya untuk mengetahui peluang
bisnis apakah yang tepat dan sesuai dengan kondisi konsumen (masyarakat)nya.
Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan
social sangatlah penting dalam penentuan peluang dan pengembangan suatu
bisnis
Contoh: di kampus 3
IAIN Salatiga ada beberapa peluang bisnis yang dapat dijalankan. Peluang
tersebut meliputi rumah kos, warung maka, ATK dan fotocopi, warnet, dll.
Munkinkan akan berkembang pesat jika di dekat kampus tersebut dibangun bisnis
karaoke maupun hotel? Tentu tidak jalan. Nah dengan begitu kita dapat melihat lingkungan
social ini untuk menentukan suatu peluang.
b. Pengaruh
lingkungan industry erat kaitannya
dengan persaingan yang ketat. Sebagai suatu contoh, android adalah suatu barang
dengan jumlah permintaan yang sangat tinggi saat ini. akan tetapi bukankah semakin
tinggi jumlah perminataan akan cenderung memiliki persaingan yang ketat
dikarenakan banyak perusahaan yang masuk di industry tersebut? Tapi hal ini
juga memberikan dampak positif untuk pihak konsumen dan produsen itu sendiri.
Dipihak konsumen, konsumen diuntungkan karena banyaknya perusahaan yang masuk
dalam suatu industry tersebut sehingga mereka dapat menentukan pilihan dan
biasanya terdapat persaingan harga yang ketat. Dipihak pebisnis hal ini
digunakan untuk terus berupaya kreatif daninovatif untuk mempertahankan
kualitas dan kepercayaan konsumennya
Contoh: android yang
umum dimasyarakat sekarang adalah brand Samsung. Hal ini menjadi wajar karena
Samsung adalah produk yang cepat meluncurkan produk terbaru dan ngetrend, harga
yang ditawarkanpun cukup sesuai dengan kantong
masyarakat Indonesia. akan tetapi pesatnya permintaan android membuat
perusahaan – perusahaan lain ingin memasuki industry yang menggiurkn ini.
Redmi, asus, vivo, oppo adalah merek – merek dagang yang memiliki daya jual
tinggi juga. Hal ini membuat perusahaan bersaing ketat dengan menghadirkan
inoasi – inovasi yang baru untuk menarik perhatian konsumennya.
c. Semakin
kuat system perekonomian, semakin tinggi tingkat lapangan pekerjaan, dan upah
karyawan juga ikut tinggi. Hal ini akan sangat berppengaruh pada perusahaan.
Karena tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat tersebut membuat daya beli
konsumen juga tinggi. Hal ini berarti jumlah permintaan terhadap perusahaan
tersebut sangat tinggi, bukankah pendapatan perusahaan akan meningkat?
Berbeda dengan kondisi
dimana system ekonomi yang llemah dan banyak masyarakat yang tidak mempunya
pekerjaan, maka sudah dapat dipastikan bahwa mereka memiliki daya beli yang
sangat kecil. Jika pemintaan masyarakat terhadap perusahaan menurun maka
pemasukan perusahaan pun ikut menurun. Bukankah lingungan ekonomi tersebut memiliki pengaruh yang begitu besar?
Contoh: masyarakat
pedesaan dengan perkotaan tentu memiliki daya beli yang amat berbeda.
Penghasilan mungkin masih menjadi penyebab utama, masyarakat kota yang
mayoritas bekerja diperkantoran tentu memiliki daya beli yang tinngi jika
dibandingkan dengan kebanyakan masyarakat desa yang mnggantungkan hidupnya
dengan menjadi karyawan di pabrik. Itulah mengapa mall mall besar, restoran
berbintang, hotel mewah dibangun diaarea kota.
d. Lingkungan
Global
Secara keseluruhan
kondisi ekonomi internasional (global) mempengaruhi pendapatan suatu
perusahaan. Permintaan ekspor impor, kebijakan – kebijakan, nilai tukar rupiah,
hal ini mempngaruhi pendapatansuatu perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar